Profil

Sou Fujimoto: Ringan dan Transparan

sou_fujimoto_2009

Lahir di Hokkaido, 4 Agustus 1971, Sou Fujimoto adalah arsitek under 35 yang mampu menjadi salah satu starchitect muda asal Jepang. Ia lulus dari University of Tokyo pada tahun 1994, kemudian membuka biro arsitekturnya sendiri pada tahun 2000. Bertempat di Tokyo, biro yang bernama Sou Fujimoto Architect ini telah meraih berbagai penghargaan berskala nasional maupun internasional.

Kemampuannya mengolah material dengan pendekatan hubungan antara manusia dan ruang, telah mengantarkannya menuju berbagai penghargaan lokal dan internasional. Wujud massa bangunan yang ringan dan transparan, dipadu padankan dengan ekspresi kontemporer yang minimalis dan material yang tampil apa adanya.

Dalam sebuah acara kuliah umum di New York pada 15 April 2014, Sou Fujimoto menyampaikan bahwa dualisme nuansa alam di Hokkaido serta perkotaan di Tokyo telah mengantarkannya pada pemahaman bahwa sejatinya alam dan perkotaan tidak jauh berbeda. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa peran arsitektur adalah untuk mengangkat keberadaan alam itu sendiri.

Beberapa karya Sou Fujimoto yang terkenal adalah Final Wooden House di Kumamoto, N House di Oita, House NA di Tokyo, serta Musashino Art Library di Tokyo. Banyak karya-karya fenomenal Sou Fujimoto adalah rancangan rumah, yang menampilkan desain serta hubungan ruang yang tidak biasa. Contohnya pada House NA, alih-alih merancangan rumah yang menonjolkan privasi ruang, Sou Fujimoto merancang rumah dengan material kaca yang transparan. Ditunjang dengan struktur baja, rumah ini memiliki berbagai split level, sehingga hubungan antar ruang dalam rumah ini memanfaatkan perbedaan ketinggian lantai. Ruang-ruang itu sendiri pun tidak memiliki satu fungsi khusus, melainkan dapat disesuaikan dengan persepsi maupun kebutuhan penghuni rumah. Housa NA merupakan salah satu pernyataan arsitektur ala Sou Fujimoto yang ringan, terbuka, serta membongkar persepsi formal tentang ruang.

House NA

Ruang-ruang split level pada House NA, mendorong interaksi antar penghuni (source: http://www.archdaily.com/230533/house-na-sou-fujimoto-architects)

Contoh ekstrim perancangan arsitektur rumah terdapat pada Final Wooden House. Pada karya ini, alih-alih menciptakan ruang-ruang dalam rumah, Sou Fujimoto menerjemahkan rumah sebagai manifestasi aktivitas dan kegiatan penghuninya. Hasilnya adalah sudut-sudut yang bebas terjemah, multi-interpretasi, serta mampu dimanfaatkan sesuai kebutuhan ergonomis dari penghuni rumah. Bahkan ruang eksterior dan interior menyatu, tanpa defini sekat yang jelas, sehingga meleburkan keseluruhan ruangan sebagai arsitektur yang menyatu dengan tempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s