Profil

Robert Venturi – Arsitektur Postmodern

Bila Mies Van de Rohe terkenal dengan slogannya “Less is more”, maka Robert Venturi menanggapinya dengan,”Less is bore”. Robert Venturi mendefinisikan kembali posisi seni dalam dunia arsitektur. Dia juga menyelamatkan arsitektur modern dari suatu kebosanan arus arsitektur yang polos.

Biografi

Robert Venturi adalah arsitek berkebangsaan Amerika Serikat, lahir di Philadelphia pada tanggal 25 Juni 1925. Dia lulus dengan predikat summa cum laude dari Princeton Univeristy pada tahun 1947. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya untuk gelar Master Seni Murni juga di Princeton University pada tahun 1950. Studinya diteruskan di American Academy di Roma mulai dari tahun 1954 hingga 1956. Setelah ia pulang ke Amerika Serikat, ia mengajar teori arsitektur di Sekolah Arsitektur University of Pennysylvania. Kemudian ia menjadi dosen di sejumlah institusi seperti Yale, Princeton, Harvard, University of California di Los Angeles, Rice University, dan American Academy di Roma.

Berbeda dengan arsitek pada era modern, Robert Venturi memberi pendapat yang berbeda. Ia menyatakan bahwa sebagai seorang arsitek, ia berusaha tidak dikendalikan oleh kebiasaan tetapi oleh kesadaran akan masa lalu. Ia mengungkapkan bahwa hal ini dimungkinkan melalui preseden. Ia menambahkan bahwa kecintaannya pada arsitektur adalah karena kompleksitas dan kontradiksinya. Dia mengatakan bahwa saat kita tertarik pada sesuatu hal, kita dapat belajar banyak tentang siapa diri kita.

Karir

Karya-karyanya pada masa awal karir profesionalnya adalah saat di kantor Eero Saarinen. Salah satunya adalah Milwaukee County War Memorial Center. Dia juga bekerja di kantor Louis I. Kahn dan Oscar Stonorov di Philadelphia. Dia bersama istrinya Denise Scott Brown membuka firma arsitek bernama Venturi, Scott Brown and Associates (VSBA) pada tahun 1960.  Ia kemudian menjadi rekan John Rauch pada tahun 1964-1989.

Karya

Venturi adalah arsitek yang tidak dapat dikategorikan karyanya. Bagi dirinya, tidak pernah ada solusi yang sama. Karya-karyanya selalu beragam dalam aspek gaya ber-arsitektur. Walaupun banyak yang mengatakan ia adalah arsitek post-modern, namun ia mengatakan bahwa secara praktek ia adalah seorang modernist.. Dia membuat hal ini mungkin dengan menerima hal-hal yang biasa dan melakukan improvisasi pada lingkungan binaannya. Dia adalah seorang neo-eklektik. Karya-karyanya merupakan suatu permainan pada simbol dan ikon yang bersejarah, sehingga ia pun juga kadang-kadang dianggap beraliran Pop Art.

Berikut adalah daftar karya-karyanya yang penting dalam sejarah arsitektur:

1962: The Vanna Venturi House, Chesnut Hill, Philadelphia, Pennsylvania
1972: Trubek house, Nantucket Island, Massachusetts
1973: Brant House, Greenwich, Connecticut
1973-1976: Allen Art Museum Addition, Oberlin, Ohio
1975: Rumah di Tuckers Town, Bermuda
1975: Ruma Tucker, Mount Kisco, New York
1983: Gordon Wu Hall, Princeton, New Jersey
1994: Bank di Celebration, Florida

Selain sebagai seorang arsitek, Robert Venturi juga dikenal sebagai seorang penulis, guru, seniman, dan filsuf. Ia mempunyai beberapa karya tulis berupa buku. Buku-buku yang ditulisnya:

  • Complexity and Contradiction in Architecture

Buku yang diterbitkan tahun 1966 ini memberi sebuah terobosan baru. Robert Venturi menantang para modernis dan mempromosikan campuran berbagai gaya bersejarah di kota-kota besar seperti Roma.

  • Learning from Las Vegas

Robert Venturi menulis buku ini bersama Steven Izenour dan Denise Scott Brown. Diterbitkan pada tahun 1972, buku ini menyebut papan reklame yang vulgar di Las Vegas sebagai arsitektur yang baru.

Penghargaan

Robert Venturi telah memenangkan sejumlah penghargaan semenjak masa karirnya sebagai seorang profesional:

  • 1985: AIA Firm Award
  • 1990: AIA Medal of Distinction, The Pennsylvania Society if Architects
  • 1991: Pritzker Architecture Prize
  • 1992: National Medal of Arts, U.S. Presidential Award

Juri Pritzker Architecture Prize memberikan pujian pada karyanya,”He has expanded and redefined the limits of the art of architecture in this century, as perhaps no other has through his theories and built works.”” Few architects of the twentieth century have been able to combine both aspects (ideas and frameworks) of the profession, and none have done so more successfully than Robert Venturi.” Pritzker Architecture Prize memberinya penghargaan karena visi dan tujuannya yang memberi kontribusi yang signifikan melalui seni berarsitektur.

Robert Venturi dikenal dengan menjauh dari arus tren modernisme. Ia memuji lanskap Amerika yang indah dan menjelaskan kejujuran dari keindahan bangunan-bangunan biasa. Ia menantang pemikiran dari Arsitektur yang fungsional dan minimalis.

Dalam esai yang ditulis oleh Vittorio Lampugnani (direktur Museum Arsitektur Jerman), ia menyebutkan bahwa melalui pandangannya mengenai post-modern, ia memberi kontribusi baik pada manusia maupun lingkungannya. Robert Venturi juga dijelaskan bersikap sinis terhadap aliran modern yang menjadi tren dan mendapat tepuk tangan dari publik hanya karena memenangkan selera dari mayoritas. Robert Venturi adalah arsitek yang berhasil mengkombinanikan elemen-elemen arsitektur dari sejarah, menginterpretasikannya satu per satu, dan mengkombinasikannya dalam suatu cara yang mengejutkan.

Daftar Pustaka

http://www.pritzkerprize.com/1991/announcement, diakses April 16, 2012: 07.30 a.m.

http://www.pritzkerprize.com/1991/bio, diakses April 16, 2012: 07.40 a.m.

http://www.pritzkerprize.com/1991/jury, diakses April 16, 2012: 07.41 a.m.

http://www.pritzkerprize.com/sites/default/files/file_fields/field_files_inline/1991_essay.pdf, diakses April 16, 2012: 07.50 a.m.

http://architecture.about.com/od/greatarchitects/p/venturi.htm, diakses April 17, 2012: 07.25 a.m.

http://m.eb.com/topic/625625/Robert-Venturi, diakses April 17, 2012: 07.35 a.m.

http://tashamazing.blogspot.com/2010_03_01_archive.html, diakses April 17, 2012: 09.22 a.m.

http://www.greatbuildings.com/gbc/images/cid_1170710514_Allen_Art_Museum_add.jpg, diakses April 17, 2012: 09.38 a.m.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s